Seberapa Berbahyakah Virus Trojan Untuk Perangkat Kita? Berikut Ulasannya

BLOGGERNES.COM - Istilah Trojan Horse mengacu kepada kisah perang orang Yunani zaman dahulu untuk merebut Putri Helen dari Troya. Di dunia modern istilah ini diadopsi ke dunia komputer untuk software (perangkat lunak) yang menyamar.

Definisi Trojan Horse

Berikut adalah beberapa definisinya.

KBBI

Kuda troya adalah kuda besar dari kayu sebagai tempat bersembunyi diisi serdadu-serdadu Yunani, terjadi pada zaman purba ketika Yunani berperang denganTroya memperubutkan Putri Helen dari Troya.


Malwarebytes

Trojan adalah program yang mengklaim melakukan satu fungsi tetapi sebenarnya melakukan yang lain, biasanya berbahaya. Trojan dapat berupa lampiran, unduhan, dan video / program palsu, setelah aktif di sistem, dapat melakukan sejumlah hal, termasuk mencuri data sensitif atau mengambil kendali perangkat.


Wikipedia

Trojan horse (kuda troya) adalah salah satu kisah Perang Troya mengenai tipu daya yang dilakukan oleh orang-orang Yunani untuk memasuki kota Troya dan memenangkan perang. Menurut versi awalnya, setelah pengepungan selama 10 tahun tidak membuahkan hasil, orang-orang Yunani membangun sebuah kuda kayu raksasa dan menyembunyikan beberapa orang di dalamnya. Orang-orang Yunani berpura-pura berlayar pergi, dan orang-orang Troya menarik kuda kayu ini ke kota mereka sebagai lambang kemenangan. Malamnya pasukan Yunani keluar dari kuda kayu tersebut dan membuka pintu gerbang untuk pasukan Yunani lainnya, yang kembali mendatangi kota Troya dengan memanfaatkan persembunyian malam. Orang-orang Yunani memasuki kota Troya dan menghancurkannya, sehingga mengakhiri perang.

Secara metaforis, istilah “kuda Troya” kini mengacu kepada tipu daya yang membuat sasaran tipu daya mengundang musuh ke tempat yang seharusnya terlindungi. Program komputer jahat yang menipu pengguna agar mereka secara sukarela menjalankan program tersebut juga dijuluki “Trojan horse” atau “Trojan”.


Britanica: Trojan Horse

Kuda Troya, kuda kayu besar berlubang yang dibangun oleh orang Yunani untuk masuk ke Troy selama Perang Troya. Kuda itu dibangun oleh Epeius, seorang tukang kayu ulung dan petinju. Orang-orang Yunani, yang berpura-pura meninggalkan perang, berlayar ke pulau Tenedos di dekatnya, meninggalkan Sinon. Mereka membujuk orang-orang Troya bahwa kuda itu adalah persembahan kepada Athena (dewi perang) yang akan membuat Troy tak tertembus. Meskipun ada peringatan dari Laocoön dan Cassandra, kuda itu dibawa ke dalam gerbang kota. Malam itu para pejuang Yunani muncul dari sana dan membuka gerbang untuk membiarkan pasukan Yunani yang kembali.

Istilah Trojan horse mengacu pada subversi yang diperkenalkan dari luar. Dimulai pada akhir abad ke-20, nama “Trojan” diaplikasikan ke dunia komputer. Istilah ini merujuk kepada kode jinak yang tampak seperti aplikasi yang sah tetapi ditulis untuk merusak. Bahkan untuk mencuri informasi pribadi.


Contoh Trojan

Ada banyak sekali varian trojan. Salah satu yang berhasil menginfeksi laptop teman saya adalah heroset. Saya tidak tahu pasti apakah itu nama malwarenya atau sekadar ektensi yang dia ciptakan.

(PANDE/ADM)

1 Komentar untuk "Seberapa Berbahyakah Virus Trojan Untuk Perangkat Kita? Berikut Ulasannya"

  1. Harrah's Resort Southern California - Mapyro
    Casino. Southern 군산 출장마사지 California. 777 Harrah's Rincon Way, 전라북도 출장샵 Funner, CA 정읍 출장샵 92082. Map. Harrah's Rincon Southern 포항 출장안마 California. Map. 인천광역 출장마사지 Harrah's Rincon.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel