Pengertian Sistem Operasi Dan Jenisnya

BLOGGERNES.COM - Sering disingkat OS, sistem operasi adalah program yang berkuasa, dan biasanya besar, yang mengontrol dan mengelola perangkat keras dan perangkat lunak di komputer. Semua komputer dan perangkat yang mirip komputer memiliki OS. Termasuk laptop, tablet, desktop, smartphone, jam tangan pintar, router, dan masih banyak lagi untuk disebutkan.


Jenis Sistem Operasi

Laptop, tablet, dan komputer desktop semuanya menjalankan sebuah OS (singkatan dari operating system= sistem operasi). Mungkin pernah Anda dengar atau mungkin juga tidak. Beberapa contoh untuk disebutkan:

-Microsoft Windows seperti Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP),

-MacOS Apple (sebelumnya OS X),

-iOS,

-Chrome OS,

-BlackBerry Tablet OS, dan

-beragam OS open source Linux.

Ponsel cerdas Anda juga menjalankan sebuah OS, yang paling populer saat ini adalah Android Google dan iOS Apple. “Smartphone” tertentu mungkin memiliki nama sistem operasi berbeda dari yang dua itu, seperti “colorOS” atau yang lain. Tetapi itu sebenarnya OS Android yang dikustomisasi.

Server, seperti yang meng-host situs web yang Anda kunjungi atau menyajikan video yang Anda tonton, biasanya menjalankan jenis sistem operasi khusus. Mereka dirancang dan dioptimalkan untuk menjalankan perangkat lunak khusus yang diperlukan untuk membuat mereka melakukan apa yang mereka lakukan. Beberapa contoh termasuk Windows Server, Linux, dan FreeBSD.


Perangkat Lunak dan OS

Sebagian besar software dirancang untuk bekerja dengan hanya satu jenis OS tertentu, seperti hanya Windows (Microsoft), Linux, atau hanya macOS (Apple).

Suatu perangkat lunak akan dengan jelas mengatakan sistem operasi mana yang didukungnya dan akan menjadi sangat spesifik jika perlu. Misalnya, program perangkat lunak produksi video mungkin mengatakan ia mendukung Windows 10, Windows 8, dan Windows 7, tetapi tidak mendukung versi Windows yang lebih lama seperti Windows Vista dan XP.

Pengembang perangkat lunak juga sering merilis versi tambahan perangkat lunak mereka yang berfungsi dengan sistem operasi lain. Terutama jika software tersebut laris. Kembali ke contoh program produksi video, perusahaan itu mungkin juga merilis versi lain yang berjalan di macOS di sampin Windows. Meskipun aplikasi itu memiliki fitur yang persis sama tetapi hanya berfungsi dengan macOS.

Penting juga untuk mengetahui apakah sistem operasi Anda 32-bit atau 64-bit. Ini pertanyaan umum yang Anda tanyakan saat mengunduh perangkat lunak.

(PANDE/ADM)

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sistem Operasi Dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel