Penjelasan Lengkap Graphic Card Pada Komputer

BLOGGERNES.COM - Graphic Card merupakan kartu perluasan yang membolehkan pc mengirim data grafis ke fitur tampilan video semacam monitor, Televisi, ataupun proyektor.

Sebagian nama lain buat kartu video tercantum kartu grafis, adaptor grafis, adaptor layar, adaptor video, pengontrol video, serta papan bonus( AIB, add- in board). Kami hendak memakai istilah- istilah ini secara bergantian pada paragraf berikutnya.

Beberapa besar industri memproduksi kartu grafis, namun merk yang sangat tekenal merupakan NVIDIA Corporation ataupun AMD. Nyaris tiap industri menyertakan unit pemrosesan grafis( GPU) dari keduanya.


Deskripsi Kartu Video

Video card adalah bagian dari perangkat keras komputer yang berbentuk persegi panjang dengan banyak kontak di bagian bawah kartu. Di sisi luar terdapat satu atau beberapa port untuk koneksi ke tampilan video dan perangkat lain. Lihat gambar di bawah.

Kartu video (bahasa Inggris, video card) dipasang di slot ekspansi pada motherboard. Walaupun sebagian besar kartu grafis memiliki format PCIe, perangkat keras ini juga hadir dalam format lain, termasuk PCI dan AGP. Format tambahan ini adalah standar yang lebih lama dan tidak berkomunikasi dengan CPU dan komponen lainnya secepat PCIe.

Di desktop, karena motherboard, kasing, dan kartu ekspansi dirancang dengan mempertimbangkan kompatibilitas, sisi kartu grafis pas tepat di luar belakang kasing ketika dipasang. Ini membuat port-portnya (misalnya HDMI, DVI, atau VGA) tersedia untuk digunakan.

Beberapa pengontrol video hanya memiliki satu port untuk koneksi ke monitor atau proyektor standar. Sedangkan kartu yang lebih modern mungkin memiliki port untuk koneksi ke berbagai sumber output termasuk monitor tambahan dan televisi. Sementara kartu lain mungkin memiliki input untuk mengedit video dan tugas-tugas lanjutan lainnya.

Laptop, tablet, dan bahkan smartphone, semuanya memiliki kartu video, meskipun lebih kecil dan paling sering tidak dapat diganti.


Fakta Penting tentang Graphic Card

Setiap motherboard hanya mendukung beragam format kartu grafis, jadi pastikan untuk selalu mengecek dengan produsen motherboard Anda sebelum melakukan pembelian.

Banyak komputer modern tidak memiliki kartu ekspansi video melainkan memiliki video on-board – GPU terintegrasi langsung ke motherboard. Ini memungkinkan komputer yang lebih murah tetapi juga sistem grafis yang kurang mumpuni. Opsi ini bijaksana untuk pengguna rumahan dan bisnis rumahan yang tidak tertarik dengan kemampuan grafis tingkat lanjut atau game terbaru.

Sebagian besar motherboard dengan video on-board memungkinkan BIOS untuk menonaktifkan chip untuk menggunakan pengontrol video yang dipasang ke slot ekspansi (lihat cara masuk ke BIOS di sini). Menggunakan kartu video khusus dapat meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan. Karena graphic card mencakup RAM, pengatur daya, dan pendingin sehingga RAM sistem dan CPU dapat digunakan untuk hal-hal lain.


Video Card Apa yang Saya Miliki?

Di Windows, cara termudah untuk melihat adaptor video apa yang Anda miliki adalah menggunakan Device Manager (lihat bagaimana cara bukanya di sini). Anda dapat menemukan adaptor video yang terdaftar di bagian Display adapter.

Cara lain untuk melihat kartu grafis apa yang Anda miliki adalah melalui alat informasi sistem gratis seperti Speccy, yang mengidentifikasi pabrikan, model, versi BIOS, ID perangkat, antarmuka bus, suhu, jumlah memori, dan detail kartu video lainnya.

Membuka kasing komputer adalah pilihan lain, memungkinkan Anda melihat sendiri kartu grafis apa yang dipasang. Melakukan hal ini tentu saja diperlukan jika Anda berencana untuk mengganti adaptor video, tetapi hanya mengidentifikasi informasi tentang hal itu paling baik dilakukan melalui perangkat lunak yang saya sebutkan di atas.


Cara Menginstal atau Memperbarui Driver Graphic Card

Seperti semua perangkat keras, kartu grafis memerlukan driver perangkat untuk berkomunikasi dengan sistem operasi dan perangkat lunak komputer lainnya. Proses yang sama yang Anda gunakan untuk memperbarui segala jenis perangkat keras berlaku untuk memperbarui driver kartu video.

Jika Anda tahu driver kartu grafis apa yang Anda butuhkan, Anda dapat langsung menuju ke situs web produsen dan mengunduhnya secara manual. Ini selalu merupakan cara terbaik untuk mendapatkan driver karena Anda dapat yakin bahwa drivernya stabil dan tidak mengandung malware.

Anda dapat mengikuti tautan ini, Driver Video Card AMD Radeon atau tautan Driver Video Card NVIDIA GeForce ini untuk mengunduh driver terbaru terbaru dan resmi. Jika Anda tidak menggunakan graphic card AMD atau NVIDIA, lihat Cara Menemukan dan Mengunduh Driver Dari Situs Web Pabrikan untuk informasi lebih lanjut tentang cara menemukan driver yang tepat untuk kartu Anda.

Setelah Anda mengunduh driver kartu grafis yang cocok dengan perangkat keras Anda, lihat Bagaimana Saya Memperbarui Driver di Windows? jika Anda perlu bantuan menginstalnya. Untungnya, sebagian besar driver adaptor video dapat diinstal secara otomatis, artinya Anda tidak memerlukan langkah-langkah pembaruan manual tersebut.

Jika Anda tidak tahu driver kartu grafis spesifik yang Anda butuhkan, atau jika Anda lebih suka tidak mengunduh dan menginstal driver secara manual, Anda dapat menggunakan program gratis untuk mendeteksi secara otomatis driver yang Anda butuhkan dan bahkan mengunduhnya untuk Anda. Program favorit saya yang dapat melakukan ini adalah Driver Booster, tetapi Anda dapat menemukan beberapa yang lain dalam daftar Alat Pembaruan Driver Gratis.

(PANDE/ADM)

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Lengkap Graphic Card Pada Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel