Mengenal Jaringan Nirkabel 4G Serta Beberapa Fiturnya


BLOGGERNES.COM - Nirkabel 4G adalah generasi keempat dari layanan seluler. Teknologi ini merupakan lompatan besar dari 3G dan 10 kali lebih cepat dari layanan 3G. Sprint adalah operator pertama yang menawarkan kecepatan 4G di Amerika Serikat, dimulai pada 2009. Sekarang semua operator menawarkannya di sebagian besar wilayah negara, termasuk Indonesia, meskipun beberapa daerah pedesaan masih memiliki jangkauan 3G yang lebih lambat, lupakan 2G.

Mengapa Kecepatan 4G Penting
Karena smartphone dan tablet mengembangkan kemampuan untuk streaming video dan musik, kebutuhan bandwidth data yang konsisten dan berkelanjutan tumbuh seiring.

Sebelumnya, kecepatan seluler jauh lebih lambat daripada koneksi broadband kecepatan tinggi ke komputer. Mengingat sebagian besar data seluler berfokus pada browser yang dioptimalkan untuk seluler dan aplikasi yang sangat sederhana, mereka tidak membutuhkan pipa data yang besar.

Kecepatan layanan seluler generasi keempat lebih baik dibandingkan dengan beberapa opsi broadband dan sangat berguna di area tanpa koneksi broadband.

Teknologi 4G
Meskipun semua layanan 4G disebut 4G atau 4G LTE, teknologi dasarnya tidak sama dengan setiap operator. Beberapa menggunakan teknologi WiMax untuk jaringan 4G mereka, sedangkan Verizon Wireless menggunakan teknologi yang disebut Long Term Evolution, atau LTE.

Sprint mengatakan jaringan 4G WiMax menawarkan kecepatan unduh yang sepuluh kali lebih cepat daripada koneksi 3G, dengan kecepatan 10 megabit per detik. Jaringan LTE Verizon memberikan kecepatan unduh antara 5 Mbps dan 12 Mbps. T-Mobile bervariasi antara 7 Mbps dan 40 Mbps.

Jangan biarkan ambang batas kecepatan menipu Anda. Kecepatan unduh adalah fungsi dari kapabilitas perangkat keras perangkat, kepadatan menara terdekat, sifat datanya, dan lokasi menara relatif terhadap perangkat. Sangat sedikit orang yang secara konsisten menerima kinerja terbaik.

Fitur utama
Fitur utama berikut ini dapat diamati di semua teknologi 4G:

Teknik transmisi lapisan fisik adalah sebagai berikut:

-MIMO: Untuk mencapai efisiensi spektral ultra tinggi dengan cara pemrosesan spasial termasuk multi-antena dan MIMO multi-pengguna
Persamaan-frekuensi-domain, misalnya modulasi multi-carrier (OFDM) di downlink atau penyamaan-domain-frekuensi-pembawa-tunggal (SC-FDE) di uplink: Untuk mengeksploitasi properti saluran selektif frekuensi tanpa pemerataan yang kompleks
Multiplexing statistik domain frekuensi, misalnya (OFDMA) atau (single-carrier FDMA) (SC-FDMA, alias OFDMA yang dikodekan secara linier, LP-OFDMA) di uplink: Kecepatan bit variabel dengan menetapkan sub-saluran yang berbeda ke pengguna yang berbeda berdasarkan kondisi saluran
Kode koreksi kesalahan prinsip turbo: Untuk meminimalkan SNR yang diperlukan di sisi penerimaan
Penjadwalan yang bergantung pada saluran: Untuk menggunakan saluran yang bervariasi waktu
Adaptasi tautan: Modulasi adaptif dan kode koreksi kesalahan
Mobile IP digunakan untuk mobilitas Femtocell berbasis IP (node ​​rumah terhubung ke infrastruktur broadband Internet tetap)
Berbeda dengan generasi sebelumnya, sistem 4G tidak mendukung circuit switched telephony. Standar IEEE 802.20, UMB dan OFDM [27] kekurangan dukungan soft-handover, juga dikenal sebagai kooperatif relay.

Apa Selanjutnya?
Segera, perusahaan yang menggembar-gemborkan jaringan WiMax dan LTE akan berbicara tentang teknologi IMT-Advanced, yang akan menghadirkan kecepatan 5G. Teknologi ini diharapkan lebih cepat, memiliki lebih sedikit zona mati, dan mengakhiri batas data pada kontrak seluler. Peluncuran mungkin akan dimulai di daerah perkotaan besar.

(PANDEINDONESIA.COM/ADM)

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Jaringan Nirkabel 4G Serta Beberapa Fiturnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel