Bagaimana Cara Kerja Layar Oled Di Smartphone

BLOGGERNES.COM - Terdapat sebagian keuntungan dari pendekatan ini, paling utama kemampuan tiap piksel buat membuat cahaya sendiri- sendiri, menciptakan rasio kontras yang sangat besar, yang berarti corak gelap dapat jadi gelap seluruhnya serta putih sangat cerah.

Inilah alasan utama kenapa terus menjadi banyak perangkat menggunakan layar OLED, termasuk smartphone, perangkat yang bisa dikenakan semacam jam tangan pintar, Televisi, tablet, monitor desktop serta laptop, serta kamera digital. Di antara perangkat tersebut serta yang lain terdapat 2 tipe layar OLED yang dikontrol dengan metode berbeda, yang diucap matriks aktif( AMOLED) serta matriks pasif( PMOLED).


Bagaimana Cara Kerja Layar OLED

Layar OLED mencakup sejumlah komponen. Di dalam struktur, yang disebut substrat, terdapat katoda yang menyediakan elektron, anoda yang “menarik” elektron, dan bagian tengah (lapisan organik) yang memisahkannya.

Di dalam lapisan tengah ada dua lapisan tambahan, salah satunya bertanggung jawab untuk menghasilkan cahaya dan yang lainnya untuk menangkap cahaya.

Warna cahaya yang terlihat pada layar OLED dipengaruhi oleh lapisan merah, hijau, dan biru yang menempel pada substrat. Jika warna menjadi hitam, piksel dapat dimatikan untuk memastikan tidak ada cahaya yang dihasilkan untuk piksel tersebut.

Metode untuk membuat warna hitam ini sangat berbeda dari yang digunakan dengan LED. Ketika calon piksel hitam diatur ke hitam pada layar LED, rana piksel ditutup tetapi lampu latar masih memancarkan cahaya, yang berarti tidak pernah benar-benar gelap.


Kelebihan dan Kekurangan OLED


Jika dibandingkan dengan LED dan teknologi layar lainnya, OLED menawarkan manfaat berikut:

Hemat energi karena lampu latar tidak diberi daya. Selain itu, ketika hitam digunakan, piksel spesifik tersebut tidak membutuhkan daya sama sekali, selanjutnya menghemat energi.

Refresh rate jauh lebih cepat karena pixel shutters tidak digunakan.

Dengan komponen yang lebih sedikit, tampilan, dan dengan demikian, seluruh perangkat, dapat tetap tipis dan ringan.

Warna hitam benar-benar hitam karena piksel tersebut dapat dimatikan sepenuhnya dan tidak ada pencahayaan di sekitar dari belakang yang memberikan cahaya redup di area tersebut. Hal ini memungkinkan rasio kontras yang sangat tinggi (yaitu, putih paling terang di atas hitam paling gelap).

Mendukung sudut pandang lebar tanpa kehilangan warna sebanyak LED.

Tidak adanya lapisan berlebih memungkinkan tampilan melengkung dan dapat ditekuk.

Namun, ada juga kerugian pada tampilan OLED:

Karena bagian layarnya organik, OLED menunjukkan degradasi warna seiring waktu, yang memengaruhi kecerahan layar dan keseimbangan warna secara keseluruhan. Hal ini semakin buruk seiring waktu karena bahan yang dibutuhkan untuk membuat warna biru meluruh lebih cepat daripada warna merah dan hijau.

Layar OLED mahal untuk dibuat, setidaknya dibandingkan dengan teknologi lama.

Baik OLED dan LED menampilkan layar mengalami burn-in jika piksel tertentu digunakan terlalu lama dalam jangka waktu yang lama, tetapi efeknya lebih besar pada OLED. Namun, efek ini sebagian ditentukan oleh jumlah piksel per inci.


Informasi Lebih Lanjut tentang OLED


Tidak semua layar OLED itu sama; beberapa perangkat menggunakan jenis panel OLED tertentu karena memiliki kegunaan tertentu.

Misalnya, smartphone yang memerlukan kecepatan refresh tinggi untuk gambar HD dan konten lain yang selalu berubah, mungkin menggunakan layar AMOLED. Selain itu, karena layar ini menggunakan transistor film tipis untuk mengaktifkan / menonaktifkan piksel untuk menampilkan warna, layar ini bahkan dapat transparan dan fleksibel, yang disebut OLED fleksibel (atau FOLED).

Di sisi lain, kalkulator yang biasanya menampilkan informasi yang sama di layar untuk waktu yang lebih lama dari telepon, dan yang lebih jarang menyegarkan, dapat memanfaatkan teknologi yang memberikan daya ke area tertentu dari film hingga disegarkan, seperti PMOLED, di mana setiap baris tampilan dikontrol, bukan setiap piksel.

Beberapa perangkat lain yang menggunakan layar OLED berasal dari produsen yang memproduksi ponsel cerdas dan jam tangan pintar, seperti Samsung, Google, Apple, dan Produk Penting; kamera digital seperti Sony, Panasonic, Nikon, dan Fujifilm; tablet dari Lenovo, HP, Samsung, dan Dell; laptop seperti Alienware, HP, dan Apple; monitor dari Oxygen, Sony, dan Dell; dan televisi dari produsen seperti Toshiba, Panasonic, Bank & Olufsen, Sony, dan Loewe. Bahkan beberapa radio dan lampu mobil menggunakan teknologi OLED.

Tampilan dibuat dari apa tidak selalu menggambarkan resolusinya. Dengan kata lain, Anda tidak dapat mengetahui resolusi layar (4K, HD, dll.) Hanya karena Anda tahu itu OLED (atau Super-AMOLED, LCD, LED, CRT, dll.).

QLED adalah istilah serupa yang digunakan Samsung untuk menggambarkan panel tempat LED bertabrakan dengan lapisan titik kuantum agar layar menyala dalam berbagai warna. Itu singkatan dari dioda pemancar cahaya quantum-dot.

(PANDE/ADM)

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Kerja Layar Oled Di Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel