Presiden: Pengangguran Masih Jadi PR yang Belum Tuntas

 


Presiden Joko Widodo( Jokowi) mengakui pengangguran jadi pekerjaan rumah yang belum dituntaskan pemerintah. Melonjaknya angka pengangguran diakibatkan pandemi COVID- 19 yang sudah mengguncang ekonomi.

Jokowi mengatakan, bukan cuma pengangguran yang timbul akibat pandemi, permasalahan ini pula timbul dengan banyaknya angkatan kerja yang belum terserap.

" Kita harus bergerak cepat karena masih banyak PR yang belum kita selesaikan. Kita akan dihadapkan pada besarnya jumlah pengangguran akibat PHK di masa pandemi, kita menghadapi besarnya angkatan kerja yang memerlukan lapangan pekerjaan," ucapnya dalam kegiatan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia( BI) 2020, Kamis( 3/ 12/ 2020). 

Untuk mengatasi PR itu, menurut Jokowi pemerintah berkomitmen untuk melakukan reformasi struktural. Sebab masih banyak regulasi yang kompleks dan birokrasi yang rumit.

"Kita semuanya tahu posisi nomor 1 di global complexity index yang paling rumit di dunia dan itu harus kita akhiri. Itulah semangat yang mendasari lahirnya UU Cipta Kerja," ucapnya.

Menurutnya UU Cipta Kerja yang digarap dengan metode Omnibus Law itu bisa menciptakan iklim usaha yang lebih kondusif dan berdaya saing.

"Agar UMKM lebih berkembang, dan industri padat tenaga kerja tumbuh dengan pesat. Perizinan dipermudah, izin usaha UMKM cukup dengan pendaftaran saja dan banyak kemudahan-kemudahan lainnya," tuturnya.

Jokowi berharap BI juga bisa berperan lebih signifikan dalam reformasi fundamental yang dilakukan pemerintah. Berkontribusi lebih besar dalam menggerakkan sektor riil, mendorong penciptaan lapangan kerja baru, dan membantu sektor usaha terutama UMKM.

"Dalam situasi krisis seperti ini kita harus mampu bergerak cepat dan tepat. Buang jauh-jauh ego sektoral, ego sentrisme lembaga, dan jangan membangun tembok tinggi-tinggi berlindung di balik otoritas masing-masing. Kita harus berbagai beban, berbagi tanggung jawab untuk urusan bangsa dan negara ini agar negara kita mampu bertransformasi menjadi kekuatan ekonomi baru di tingkat regional dan global," tutupnya.

Sumber: Pandeindonesia.com

https://www.pandeindonesia.com/berita/presiden-pengangguran-masih-jadi-pr-yang-belum-tuntas

Belum ada Komentar untuk "Presiden: Pengangguran Masih Jadi PR yang Belum Tuntas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel