Cara Mengawasi Anak Dalam Menggunakan Internet

 


Bloggernes -  Internet memang bagaikan 2 sisi mata pisau apabila bicara tentang penggunaannya. Dari sisi positifnya, internet memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya serta mempelajari hal-hal bermanfaat lainnya. Bahkan saat ini hampir seluruh masyarakat sudah menggunakan internet sebagai media berkomunikasi melalui beberapa media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

Namun yang menjadi perhatian kita semua, bagaimana anak-anak dapat memanfaatkan akses internet untuk hal-hal positif? Tentu merupakan tugas dari orang tua/wali untuk selalu waspada dan mengawasi aktivitas anak saat berinternet.

Cara Pengawasan terhadap Anak Menggunakan Internet

Tidak mengajarkan anak tentang perkembangan teknologi internet adalah hal yang salah. Anak bisa tumbuh jadi orang yang kurang update terhadap teknologi, karena bagaimana pun hampir seluruh pekerjaan maupun pendidikan saat ini sudah menggunakan akses internet. Nah, kami merangkup beberapa cara penawasan yang bisa Anda terapkan untuk anak dalam menggunakan internet.

    1.Pakai Filter Konten Dewasa

Orang tua perlu mengerti adanya ketersediaan software untuk menyaring informasi, seperti Net Nanny maupun PureSight PC. Apabila berminat untuk melakukan instalasi terhadap software Net Nanny, maka ada harga yang harus dibayar. Pertama-tama cobalah untuk register sebuah akun di www.netnanny.com.

Kemudian bisa memilih untuk download 32-bit atau 64-bit tergantung pada spesifikasi yang dipakai dalam PC. Sisanya hanya perlu menginstal software yang telah didownload dan mengisi akun user tentang anak. Software ini memungkinkan orang tua untuk mengawasi penggunaan internet oleh anak-anak.

Sisanya tinggal melakukan pengaturan terhadap status dasar yang ingin ditampilkan secara manual dan sinkronisasi dengan server software tersebut. Orang tua bisa saja menghubungkan dengan dashboard milik mereka yang terhubung internet. Software ini tidak hanya bisa diinstal di komputer saja, melainkan dapat diinstal di smartphone.

    2.Letakkan Komputer di Ruangan Yang Mudah Dilihat

Cara lain yang bisa orang tua lakukan untuk mengawasi anak-anak saat menggunakan internet yaitu dengan meletakkan komputer di ruangan yang sering dilewati oleh seluruh anggota keluarga. Letakkan komputer di tempat yang sering menjadi jalur lewat anggota keluarga, memungkinkan untuk melakukan pengawasan terhadap apa yang diakses oleh anak melalui internet.

Orang tua wajib sering mengawasi apa yang dibuka oleh anaknya melalui internet maupun media sosial. Saat anak tidak sengaja membuka suatu konten yang salah, orang tua bisa mengarahkan secara langsung dan mengajarkan bahwa itu tidak baik.

    3.Batasan Waktu

Orang tua perlu untuk membatasi waktu anak dalam menggunakan internet. Membiarkan anak mengakses internet secara berlebihan bisa membuatnya kecanduan dan lupa belajar. Tentunya hal tersebut tidak akan baik serta akses komputer secara berlebihan juga dapat menyebabkan mata cepat mengalami kerusakan.

Orang tua harus pintar dalam mengatur jadwal dalam mengakses internet. Dapat mencoba mengarahkan kepada anak-anak untuk akses internet dalam mencari tambahan pengetahuan dari sana. Ini bisa mengarahkan mereka dalam menggunakan internet untuk kegiatan belajar. Penting untuk tidak membelikan anak-anak smartphone saat usianya masih sangat dini.

    4.Pahami Aturan Penggunaan Sosial Media

Memang menjadi orang tua zaman sekarang memiliki tantangan yang lebih besar. Bagaimana tidak? Orang tua harus bisa menahan rengekkan anak-anak saat ingin membuat media sosial, karena teman-temannya sudah punya. Pahamilah bahwa media sosial seperti Facebook membatasi usia penggunaannya yang tidak boleh dilakukan oleh anak dengan usia dibawah 13 tahun.

Jadi kalau anak Anda masih berusia dibawah 13 tahun, sangat disarankan untuk tidak membuatkan akun Facebook. Apabila anak ketahuan membuat Facebook secara mandiri, orang tua perlu memberikan pengertian. Sebagai orang tua juga jangan terlalu sering mengakses media sosial di depan anak anak, sehingga mereka tidak terlalu penasaran tentang apa itu media sosial.

    5.Ajarkan Tanggung Jawab

Melatih tanggung jawab terhadap anak bisa dilakukan sejak dini, agar mereka memiliki perilaku baik. Orang tua perlu untuk mengajarkan kepada anak tentang keamanan menggunakan online. Ada banyak resiko saat mengakses internet dan ada banyak informasi berbahaya di dalamnya. Tentu saja Anda harus mengajarkannya secara bijak tentang perkembangan teknologi internet.

Nah, semoga tips diatas dapat membantu Anda Mengawasi Anak dalam Menggunakan Internet ya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengawasi Anak Dalam Menggunakan Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel