Kurangi Pengeluaran Kuota, Ini 7 Tips Menghemat Data di Android!


Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan paket data melambung tinggi, karena aplikasi-aplikasi mulai “lapar akan kuota” dan terus menerus meminta untuk diperbarui ke versi terbaru. Selain itu, aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram, dipenuhi dengan foto dan video berkualitas tinggi yang secara tidak langsung memakan banyak kuota.

Parahnya lagi, itu dibarengi dengan harga kuota yang kini tidak lagi bersahabat seperti dulu. Namun bukan tanpa solusi, masih ada sejumlah cara yang bisa diterapkan untuk tidak hanya mengurangi penggunaan kuota, tapi juga menghemat pengeluaran per bulannya untuk membeli paket data. Berikut ulasannya.


1. Batasi penggunaan kuota kamu secara manual

Selain membuat kita lupa waktu, perangkat seperti smartphone dan tablet juga sering kali membuat kita lupa akan berapa banyak kuota yang kita habiskan untuk berselancar di sejumlah aplikasi dalam sekian jam tertentu. Untuk mengatasi masalah ini dan menghindari notifikasi informasi bahwa kuota sudah hampir habis, kamu bisa menerapkan pembatasan kuota secara manual.

Untuk melakukannya kamu hanya perlu pergi Setting > Network & Internet > Data Usage, lalu pilih Data warning & limit dan atur peringatan data ke yang kamu inginkan (misal 1 atau 2GB). Selain itu pada Data Usage, kamu juga bisa mengaktifkan Data saver untuk mengurangi penggunaan data secara keseluruhan.

2. Gunakan aplikasi dengan fitur kompresi data

Beberapa aplikasi saat ini – terutama browser, menggunakan teknologi kompresi data untuk meminimalkan penggunaan data pengguna. Google Chrome menjadi salah satu aplikasi itu yang di dalamnya terdapat fitur penghemat data bawaan. Kamu bisa mengaktifkannya dengan pergi ke Settings > Data Saver > User Data Saver.

Selain Chrome, ada juga Opera Mini yang fitur kompresi datanya sudah aktif sejak awal. Namun tidak seperti Chrome, kamu bisa mengatur fitur tersebut secara spesifik, seperti mengatur kualitas gambar yang muncul pada halaman web untuk lebih menghemat data yang digunakan ketika berselancar di internet.

3. Pakai Wi-Fi

Tidak ada cara termudah untuk menghemat data selain menggunakan jenis jaringan lain. Selain kuota, smartphone juga bisa digunakan untuk terhubung ke internet via Wi-Fi. Itu merupakan jenis jaringan yang kini sudah ada di mana-mana terutama di tempat publik dan umumnya menyediakan kuota yang tak terbatas.

Karenanya, gunakan Wi-Fi di manapun kamu bisa terkoneksi dengan jaringan itu, untuk menghemat data kamu. Namun perlu diketahui pula bahwa tidak semua jaringan Wi-Fi aman, jadi ada baiknya untuk terkoneksi sembari menghidupkan VPN.

4. Hentikan aplikasi dari sinkronisasi secara otomatis

Ketika kamu menggunakan smartphone kamu, ada banyak aktivitas yang berjalan di latar belakang. Sebagai contoh, Google Play akan terus mengecek pembaruan untuk semua aplikasi dan Gmail akan terus menerus mencari pesan baru. Semua aktivitas itu berjalan tanpa sepengetahuan kamu dan menghabiskan kuota yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, direkomendasikan untuk menghentikan sinkronisasi otomatis semacam itu jika ingin menghemat lebih banyak kuota. Caranya, pergi ke Settings > Apps & notifications, lalu pilih aplikasi yang ingin kamu hentikan sinkronisasinya, kemudian pilih Data usage dan nonaktifkan Background data.

5. Pastikan aplikasi cloud hanya tersinkronisasi via Wi-Fi

Ini masih berkaitan dengan masalah sinkronisasi, namun untuk aplikasi penyimpanan cloud seperti Google Drive. Beberapa orang memilih untuk memanfaatkan penyimpanan cloud mereka, guna menghemat kapasitas penyimpanan internal. Itu masuk akal, namun sejumlah orang sering kali lupa bahwa aplikasi seperti itu sama sekali tidak hemat kuota.

Secara default, aplikasi penyimpanan cloud biasanya dapat diakses melalui semua jenis jaringan termasuk paket data. Nah, untuk mengurangi kemungkinan kuota terkuras secara drastis, atur sinkronisasi tersebut hanya melalui Wi-Fi saja. Dengan begitu, kamu bisa mengupload foto otomatis atau mengakses dokumen tanpa perlu khawatir habis banyak kuota.

6. Simpan lagu di smartphone kamu

Dengan aplikasi streaming lagu seperti Spotify yang menyediakan opsi untuk mengunduh lagu dan memainkannya secara offline, ada baiknya untuk memanfaatkan fitur itu. Selain hemat kuota karena tidak harus terhubung ke internet secara terus menerus, menyimpan lagu semacam itu juga bisa membuatmu masih bisa mendengarkannya sekalipun tidak ada kuota.

Apalagi dengan banyak smartphone saat ini yang dibekali dengan penyimpanan yang cukup, menyimpan lagu selalu jadi opsi terbaik daripada streaming. Jika penyimpananmu kurang sekalipun, kamu bisa memanfaatkan slot microSD dan menyimpan lagu favorit kamu di penyimpanan tambahan itu.

7. Jangan streaming video di kualitas tinggi

Streaming video beresolusi tinggi atau HD menjadi salah satu “konsumen” kuota terbesar. Dengan hanya streaming video HD dalam waktu satu jam saja (atau katakanlah setengah film), kamu bisa menghabiskan kuota hingga 2GB. Itu angka yang fantastis mengingat itu untuk durasi video yang terbilang tidak begitu lama.

Untuk solusi, usahakan untuk selalu streaming video di kualitas standar atau SD. Kualitas video yang dihasilkan memang tidak akan sejernih HD, namun setidaknya kamu tidak akan boros kuota dan secara tidak langsung, menghemat pengeluaranmu untuk membeli paket terus-terusan.

Itulah tadi ulasan mengenai tips menghemat data di Android untuk bantu kamu mengurangi pengeluaran kuota. Jika kamu punya tips lain untuk dibagikan, langsung saja tulis di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Kurangi Pengeluaran Kuota, Ini 7 Tips Menghemat Data di Android!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel