Budidaya Ikan Lele Burma Dengan Omset Ratusan Juta

Ikan lele termasuk salah satu jenis ikan yang paling banyak diminati warga Indonesia. Permintaan ikan lele yang amat besar membuat usaha budidaya ikan lele sungguh menggiurkan. ditambah lagi permintaan lele tak cuma dari warga untuk dikonsumsi sendiri, akan tetapi juga dari pelaku bisnis kuliner yang banyak menyajikan menu lele saat ini.

Budidaya Ikan Lele Burma

 

Usaha budidaya ikan lele banyak diminati pebisnis Indonesia, selain menggiurkan profit yang besar, pemeliharaan dan pemasaran ikan lele juga gampang. Tak sedikit pebisnis yang sukses dengan penghasilan puluhan juta hingga ratusan juta dari usaha budidaya lele.

Budidaya Ikan Lele Burma Dengan Omset Ratusan Juta

Salah satu wirausahawan lele yang sukses dengan omset mencapai ratusan juta yaitu Abdul Chafid. Ia sukses membudidayakan indukan dan benih ikan lele Burma, Jenis lele terbaru yang mempunyai keunggulan dari jenis lele lain dari segi ketahanan. Lelaki asal pasuruan Jawa Timur ini sukses memajukan lele burma bersama timnya.

Abdul Chafid Pembudidaya Benih dan Indukan Lele Burma

Sebelum melakukan usaha budidaya ikan Lele Burma, Abdul Chafid sebelumnya melakukan usaha Lele Masamo salah satu jenis lele yang sempat menjadi tren beberapa waktu lalu. Dalam mengawali usaha pembudidayaan ikan lele burma Chafid mengeluarkan uang sekitar 500 juta untuk pembuatan kolam dan trial. Ia juga menjalin kerjasama dengan beberapa petani plasma dengan lahan memakai lahan sebagian miliknya sendiri dan sebgian milik plasma.

Lele Burma merupakan hasil perkawinan silang antara Clarias Gariepinus dari Belanda dengan Clarias Gariepinus dari Thailand. Keunggulan lele jenis terbaru ini lebih tahan banting sekalipun dalam kondisi ekstrim, Selain itu FCR nya dibawah satu sementara lele lain perbandingan antara bobot ikan dengan pakan diatas 1. Dari perbandingan ini saja petani lele sudah untung.

Baca juga : Usaha Budidaya Jangkrik

Indukan Lele Burma dijual Chafid seharga Rp 1.175.000/paket. Isi per paket 16 ekor indukan lele yang beratnya kurang lebih 4 ons dan indukan yang beratnya 0,8-1 kg isi per paket 10 ekor. Menurut Chafid, benih lele yang dihasilkan indukan yang beratnya 1 kg sekitar 80-120 ribu sedangkan indukan dengan berat 4-5 ons dapat menghasilkan benih sekitar 30-45 ribu ekor. Sementara untuk benih ukuran 4 cm dijual dengan harga Rp 120-250/ekor.

Ketika ini permintaan Indukan dan benih lele burma amat tinggi. per bulan permintaan benih ukuran 2, 3, 4 dan 5 cm mencapai 2-4 juta ekor. Chafid mengaku kewalahan memenuhi permintaan sekalipun di bantu petani plasma ia baru dapat memenuhi 1 juta ekor benih/bulan.

Pada awal usaha sistem pemasaran yang dikerjakan Chafid memakai media online seperti blog dan FB kemudian menyebar dari mulut ke mulut hingga akhirnya kini lele burma di kenal luas hampir di seluruh Indonesia. Bahkan pernah pelanggan dari Laos tertarik dengan Lele burma chafid. Selain itu tak ada batas pembelian minimum meski cuma 1 box benih dan 1 box indukan tetap akan dilayani.

Chafid juga membuka kesempatan bagi kamu yang mau membuka usaha budidaya ikan lele burma dengan menjadi agen Burma Catfish. Bagi agen atau calon member pengambilan benih atau indukan minimal 50 ribu ekor atau 8 box. Agen akan mempunyai kartu member dengan tulisan Burma Catfish dan berlogo spesial, nomor keanggotaan dan nama agen. Serta agen diberikan juga sertifikat indukan dan akan mempunyai kaus spesial Burma Catfish.

Usaha budidaya lele burma Chafid setiap bulannya menghasilkan omset mencapai Rp 208.750.000. dengan profit bersih Rp 52.187.500 atau sekitar 25%. Akan tetapi dalam melakukan bisnis ikan lele ada resiko yang harus dihadapi yakni cuaca hujan terus menerus. Lele burma bisa berkembang dengan baik itu pada suhu 25 hingga 28 derajat dan PH sekitar 7. diatas atau dibawah suhu tersebut lele lambat berkembang. resiko paling fatal adalah lele mati.

Teknik Budidaya Ikan Lele Burma

Bagi kamu yang tertarik membuka usaha budidaya ikan lele burma, ada beberapa tips teknik pembudidayaan ikan lele burma ala Chafid yang dapat kamu coba. berikut teknik Budidaya Lele Burma :

1. Pembenihan Lele

Dalam proses pembenihan lele burma sebaik tempat terletak diatas ketinggian antara 1-800 meter dpl. Sebenarnya persyaratan spesifik mengenai tempat baik itu tanah maupun air menurut chafid tak ada. Kolam Chfaid sendiri memakai mata air setempat. Kelebihan lele burma ini bisa bertahan di air dengan kadar amoniak tinggi dan oksigen tinggi. Selain itu lele jenis ini juga dapat hidup di kolam yang mempunyai kepadatan cukup tinggi dapat dibudidayakan pada lahan terbatas.

2. Kolam Ikan Lele

Budidaya ikan lele burma bisa dikerjakan pada kolam terpal, kolam tanah maupun kolam beton. Chafid sendiri memakai kolam beton untuk membudidayakan lele burma baik itu untuk pemijahan, pemeliharaan induk maupun pemeliharaan benih (pendederan). Ukuran kolam chafid sendiri untuk pemijahan 2m x 3m sedangkan untuk pendederan ukurannya 2m x 5m. Yang harus diperhatikan sebelum pemijahan kolam disterilkan terlebih dahulu untuk membunuh bakteri. Caranya kolam di keringkan selama kurang lebih 2 hari. Kemudian untuk merangsang indukan ikan supaya bertelur dimasukan ijuk atau waring kedalam kolam.

3. Pemilihan Indukan Lele Burma

Sementara itu supaya produksinya normal pemilihan indukan yang tepat amat penting. Indukan yang bagus sebaiknya sudah berumur 1 tahun. Ikan lele yang berumur 8 bulan tentu sudah dapat dipijahkan, tapi menurut chafid anakan nantinya kurang berkembang maksimal. Dalam memilih indukan untuk jantan pilihlah yang berwarna keunguan, agresif, kelamin besar memanjang melebihi sirip anal dan tak cacat. Sedangkan untuk indukan betina pilih lele burma yang mempunyai ciri-ciri kelaminNya merah, perut agak maju, perut besar, sungut merah dan mendongak.

Kemudian proses pemijahan sebaiknya dikerjakan secara alami dengan menaruh ijuk dalam kolam sebagai tempat bertelur indukan betina. Perbandingan indukan lele jantan dan betina yaitu 1:3 ekor. Indukan lele burma masa produksinya cukup lama sekitar 3 sampai 4 tahun dan dengan pemberian nutrisi yang cukup produk indukan lele burma dapat normal. Siklus pemijahan indukan untuk betina 3 bulan sekali baru dapat dipijahkan sedangkan indukan jantan bila nutrisinya cukup dan bagus dapat satu bulan sekali.

4. Pakan Ikan Lele Burma

Pakan indukan lele burma yang bagus mengandung protein tinggi diatas 40% seperti beragam jenis ikan kecil segar yang mempunyai protein sekitar 40%. Kemudian anak lele yang baru menetas pakan yang diberikan dapat berupa cacing sutera sampai anak ikan berusia 12 hari, setelah itu baru diberi pakan pabrikan yang mengandung protein sekitar 40%. Pemberian pakan anak ikan lele yang masih kecil 3 kali sehari sedangkan lele konsumsi dan induk diberi pakan sehari sekali dapat pagi, siang atau sore hari.

5. Penyakit Ikan Lele

Lele burma juga dapat terserang penyakit. penyebabnya jamur dan bakteri aeromonas sp. Cara mengatasinya yaitu dengan menaburkan garam ke area kolam, memberi makanan secara teratur dan manajemen lingkungan yang baik. Kemudian pisahkan lele yang terkena penyakit dan bila lele yang terjangkit semakin parah sebaiknya dimusnahkan.

6. Panen

Lamanya proses budidaya ikan lele burma mulai dari proses pembenihan sampai siap jual sekitar 45 hari hingga 2 bulan dengan kepadatan 300 ekor/meter. Kriteria benih yang akan dijual pilih yang tidak memiliki cacat, gesit, sehat, warna tubuh mengkilap dan lincah. Proses panen supaya lele tak stres, panen dikerjakan ketika suhu rendah seperti pagi dan sore hari.

7. Packing

Sebelum dijual lele dikemas terlebih dahulu dengan memakai box styrofoom, plastik transparan dan drum plastik. Daya tampung drum plastik sekitar 10 ribu ekor benih burma. Pada box styrofoom untuk menjaga suhu air di kisaran 20 derajat kiri kanannya diberi es batu. Sebelum dikirim lele burma di puasakan terlebih dahulu selama dua hari.

Bagaimana, kamu tertarik juga membuka usaha budidaya ikan lele burma yang menggiurkan ini di rumah. Jika kamu tertarik pertama-tama pelajari dan pahami cara pembudidayaan ikan lele dengan tepat supaya usaha kamu dapat meraih sukses.

Belum ada Komentar untuk "Budidaya Ikan Lele Burma Dengan Omset Ratusan Juta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel