Hari Buruh sedunia

hari buruh

Hari Buruh di Jakarta

Ribuan buruh melakukan unjuk rasa ketika memperingati Hari Buruh Sedunia di jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (1 Mei 2014). Dalam aksinya mereka menuntut hentikan perampasan upah buruh dan berikan jaminan sosial bagi rakyat yang sepenuhnya di tanggung negara [M Agung Rajasa]

Hari Buruh

Hari buruh sedunia dirayakan pada tanggal 1 Mei, yang dikenal dengan sebutan May Day.
May Day lahir dari berbagai hasil perjuangan para pekerja untuk memperjuangankan hak-hak para pekerja.

Tanggal 1 Mei dipilih sebagai hari buruh ini terinspirasi dari aksi buruh di Amerika Serikat yang menuntut pengurangan jam kerja menjadi delapan jam sehari, pada tanggal 1 sampai dengan 4 Mei tahun 1886. Sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja mereka menjadi 8 jam sehari.
Polisi Amerika menembaki para demonstran tersebut Tanggal 4 Mei 1886, ratusan orang meninggal dunia dan para pemimpinnya ditangkap dan dihukum mati, para buruh yang meninggal disebut sebagai martir.

Hari Buruh Dunia

Diberbagai negara, hari buruh pertama sekali diperingati berdasarkan ketetapan yang disahkan dalam Kongres Sosialis Dunia pada tahun 1890, tepatnya tanggal 1 Mei 1890 diistilahkan dengan sebutan May Day.

Hari Buruh Indonesia

Di Indonesia hari buruh 1 Mei diperingati sejak masa pemerintahan Soekarno. Namun sejak masa pemerintahan Orde Baru semasa Soeharto berkuasa hari Buruh (1 Mei) tidak lagi diperingati di Indonesia, karena peringatan May Day diaggap masuk dalam kategori aktivitas subversif. May Day dikonotasikan dengan ideologi komunis.
Konotasi ini tidaklah pas, karena mayoritas negara-negara di dunia (sebagian besar menganut ideologi nonkomunis, bahkan juga yang menganut prinsip antikomunis), menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Labour Day dan menjadikannya sebagai hari libur nasional.

Setelah masa pemerintahan orde baru yang dipimpin oleh Soeharto berakhir, setiap tanggal 1 Mei kembali dirayakan oleh buruh di Indonesia. Khususnya pada tahun 2014 ini tanggal 1 Mei ditetapkan sebagai hari libur nasional, untuk memperingati Hari Buruh Internasional.

Pada hari Kamis 1 Mei 2014, ribuan buruh melakukan unjuk rasa memperingati Hari Buruh Sedunia, di jalan MH Thamrin, Jakarta. Dalam aksi unjuk rasa tersebut para buruh menuntut hentikan perampasan upah buruh dan berikan jaminan sosial bagi rakyat yang sepenuhnya ditanggung oleh negara.
Foto by: antaranews.com

2 komentar:

Steve Elu mengatakan...

Buruh itu Hebat

bloggernes mengatakan...

Hebat dan Dahsyat.. :)

Posting Komentar

Kembali ke atas ↑