Rumah yang Nyaman Bagi Lansia

rumah minimalis
Tips Membangun Rumah Yang Nyaman Bagi Lansia

Pertambahan usia sudah pasti akan terus terjadi yang membuat sensor motorik dan ingatan berkurang. Dengan menurunnya kemampuan tersebut, membuat fokus dan juga semua konsentrasi yang dimiliki juga buyar. Tentu saja dengan mempunyai rumah yang nyaman dengan spesifikasi dan juga fungsi yang disesuaikan dengan lansia menjadi salah satu hal yang bisa membantu beraktifitas.

Berikut tips mendesain rumah bagi lansia


Bagian depan atau pintu masuk dibuat datar
Di bagian depan atau pintu masuk dan juga belakang serta samping rumah yang bisa menuju ke dalam rumah usahakan jangan mengunakan tangga dan juga datar. Pasalnya para manula rata-rata menggunakan tongkat atau juga kursi roda untuk membantu mereka berjalan. Oleh sebab itu usahakan jangan menggunakan tangga. Jika ingin menaikkan level, gunakan ramp agar lebih mudah diakses.

Dimensi pintu usahakan yang lebar
Sementara untuk pintu, usahakan menggunakan dimensi yang lebar minimal berukuran 36 inci atau lebih dari 1 meter. Hal ini tentu saja untuk memudahkan para manula guna masuk ke dalam rumah. Terutama yang menggunakan kursi roda. Usahakan juga guna membuat lorong-lorong di dalam rumah terlihat lebih lebar sekitar 48 inci atau lebih dari 1,2 meter. Tentu saja untuk sirkulasi di dalam rumah lebih luas.

Jangan bangun lebih dari 1 lantai
Usahakan membangun rumah 1 lantai saja. Hal ini agar tidak menyulitkan para manula untuk bergerak dan menuju ke kamar yang biasanya berada di lantai 2. Untuk itu, usahakan jangan membangun rumah lebih dari 1 lantai.

Tempatkan saklar di daerah yang mudah dijangkau
Untuk listrik, disarankan guna menempatkan saklar pada area yang terjangkau oleh para manula. Tentu saja hal ini agar memudahkan para manula untuk mengatur penerangan di dalam ruangan.

Pasang handle yang mudah
Pasang handel pintu yang mudah dan simple. Jangan memasang handel yang terlalu rumit sehingga membuat para manula kesulitan membukanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Kembali ke atas ↑