Membongkar Kasus Penipuan Lowongan Kerja

Waspada!! Penipuan Lowongan Kerja Yang Mengatasnamakan PT. UNILEVER TBK

Hati-hati jika mendapat Email atau SMS dengan isi SMS sebagai berikut :"PT. UNILEVER Tbk Menerima Karyawan/Karyawati dg pendidikan D3, S1 (Sederajat). Kirim CV, Biodata, pasfoto 4x6 no Hp serta email Anda ke pt.unilevertbk@yahoo.co.id (kemungkinan ada alamat email lainnya).

Pengirim Email atau SMS tersebut adalah penipu dengan modus lowongan kerja fiktif yang mengatasnamakan PT. UNILEVER, Tbk.

Pelamar yang mengirim lamaran ke alamat email tersebut akan langsung diberi panggilan untuk tes, padahal itu hanya akal-akalan penipu saja untuk memuluskan modus penipuannya.

Untuk memuluskan aksi tipu-tipunya, penipu ini mewajibkan pelamar untuk membeli tiket pesawat pada agen tiket yang ditunjuknya yang juga fiktif.

Bongkar Penipuan Lowongan Kerja Megajaya Tour & Travel
Tiket yang dibeli tidak pernah sampai ke tangan pelamar. Diduga penipu ini satu komplotan dengan penipu lainnya yang juga menggunakan modus sama dengan mengatasnamakan PT. Pertamina, PT. Freeport Indonesia, PT. Central Korporindo, Chevron, Petronas, dan perusahaan besar lainnya. Jadi, waspadalah.

Berikut ciri-ciri penipu berkedok lowongan kerja yang didapat dari beberapa sumber:
  1. Mewajibkan pelamar mengkonfirmasi kehadiran untuk mengikuti panggilan tes via sms dengan format tertentu.
  2. Mewajibkan pelamar untuk mengurus tiket dan hotel (transportasi dan akomodasi) pada travel yang telah ditentukan sendiri.
  3. Menentukan jumlah biaya yang harus dibayar pelamar untuk mengurus tiket dan hotel tersebut.
  4. Menjanjikan akan mengganti biaya yang telah dikeluarkan setelah panggilan tes selesai.
  5. Membuat ketentuan yang ditetapkan oleh mereka sendiri dan tidak lazim untuk seorang pencari kerja.

Berikut contoh surat panggilan kerja yang didalamnya ada ketentuan tidak layak untuk para pencari kerja memenuhi ketentuan tersebut. Mengatasnamakan PT UNILEVER Tbk yang mewajibkan akomodasi melalui PT Megajaya Tour & Travel.

Contoh salah satu halaman surat panggilan kerja penipu PT Megajaya Tour & Travel

Bongkar penipuan Lowongan Kerja mengatasnamakan PT. UNILEVER TBK yang katanya kerjasama dengan PT Megajaya Tour & Travel.

1 komentar:

Khamim Muslich mengatakan...

Buat para penipu hidup ini cuman sebentar gunakan sebaiknya untuk beribadah sebagai bekal di akherat.hindari dan jauhi segala yg batil termasuk penipuan.jangan kasih makan istri dan anak dgn hasil haram,salah satunya dgn menipu dan sejenisnya.

Posting Komentar

Kembali ke atas ↑